Thursday, May 4, 2017

Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)? - Hallo sahabat Maison Room, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)?
link : Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Baca juga


Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Data GIS dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu data spasial dan data atribut atau tabular. Data spasial adalah data yang menggambarkan bentuk atau kenampakan objek di permukaan bumi. Sedangkan data tabular adalah data diskriptif yang menyatakan nilai dari data spasial tersebut.



DATA SPASIAL / GRAFIS / GEOMETRIS

Secara garis besar data spasial dibagi menjadi dua Vektor dan Raster. Data vektor dibedakan menjadi 3 macam, yaitu data titik (point), garis (line/polyline), dan area (region/polygon). Data grafis titik biasanya digunakan untuk mewakili objek kota, stasiun, tempat penting, lokasi desa dll. Data Garis dapat dipakai untuk menggambarkan jalan, sungai, jaringan listrik dll. Sementara data Area digunakan untuk mewakili batas administrasi, penggunaanlahan, kemiringan lereng dll. Gambar di bawah ini memberikan ilustrasi tentang macam-macam data grafis.

Macam-Macam Data Grafis 

  • Gambar Raster
    Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah gambar terbentuk dalam suatu pola grid, yaitu terdiri atas pixel yang tersusun dalam baris-baris dan kolom-kolom. Piksel (Pixel) adalah kepanjangan dari picture element, merupakan satuan terkecil dari gambar raster. Gambar raster sangat bergantung pada resolusi.

    Contoh Gambar Raster

  • Gambar Vektor
    Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi.
    Gambar vector ada tiga jenis yaitu:
    1. Point
      Point/titik adalah lokasi diskrit, biasanya digambarkan sebagai simbol atau label. Menggambarkan suatu feature yang batas atau bentunya terlalu kecil untuk ditampilkan dalam garis atau luasan. Point biasanya juga digunakan untuk menggambarkan lokasi yang tidak mempunyai luasan, seperti titik tinggi atau puncak gunung.
      Format point:
      • Koordinat tunggal
      • Tanpa panjang
      • Tanpa luasan
    2. Line
      Line/garis adalah feature yang dibentuk oleh sekumpulan koordinat yang saling berhubungan. Menggambarkan feature linier di peta yang terlalu sempit untuk digambarkan sebagai luasan. Atau untuk menggambarkan feature yang tidak mempunyai lebar, seperti garis kontur, jalan, dan sungai.
      Format line:
      • Koordinat titik awal dan akhir
      • Mempunyai panjang
      • Tanpa luasan
    3. Polygon
      Polygon/area adalah feature luasan yang dibentuk dari garis yang tertutup menggambarkan suatu area yang homogeny. Biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu feature seperti batas negara, kecamatan, desa, dan danau.
      Format polygon:
      • Koordinat dengan titik awal dan titik akhir
      • Mempunyai panjang
      • Mempunyai luasan


DATA TABULAR / ATRIBUT

Data tabular/atribut merupakan data yang menyimpan informasi mengenai nilai atau besaran dari data grafis. Untuk struktur data vektor, data atribut tersimpan secara terpisah dalam bentuk tabel. Sementara pada stuktur data raster nilai data grafisnya tersimpan langsung pada nilai grid atau piksel tersebut.


Referensi:
Modul SIG "Pengenalan Sistem Informasi Geografis" oleh Ida Wahyuni, S.Kom., M.Kom.



Demikianlah Artikel Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Sekianlah artikel Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)? dengan alamat link http://maison15.blogspot.com/2017/05/belajar-sig-part-2-jenis-data-dalam.html
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar SIG Part 2: Jenis Data dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)?

0 comments:

Post a Comment