Friday, April 28, 2017

Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)? - Hallo sahabat Maison Room, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)? , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)?
link : Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Baca juga


Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)?


Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan salah satu mata kuliah wajib pada jurusan Teknik Informatika. Sebelum mengikuti mata kuliah ini ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih yang perlu kita persiapkan? Apa saja sih yang nantinya akan dipelajari? OK Kita akan bahas mulai dari pengertian SIG. Sistem adalah suatu himpunan atau variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling bergantung satu sama lain dan terpadu serta mempunyai tujuan dan sasaran. Informasi adalah suatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sistem Informasi adalah sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan atau untuk mengendalikan organisasi Geografis adalah gabungan kata geo dan graphy. Geo: bumi, graphy: proses penulisan, sehingga geografi adalah penulisan tentang bumi.



KOMPONEN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Secara umum, Sistem Informasi Geografis bekerja berdasarkan integrasi komponen, yaitu: Hardware, Software, Data, Manusia, dan Metode. Kelima komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Hardware
    Sistem Informasi Geografis memerlukan spesifikasi komponen hardware yang sedikit lebih tinggi dibanding spesifikasi komponen sistem informasi lainnya. Hal tersebut disebabkan karena data-data yang digunakan dalam SIG, penyimpanannya membutuhkan ruang yang besar dan dalam proses analisanya membutuhkan memory yang besar dan processor yang cepat. Beberapa Hardware yang sering digunakan dalam Sistem Informasi Geografis adalah: Personal Computer (PC), Mouse, Digitizer, Printer, Plotter, dan Scanner.

  2. Software
    Adalah program komputer yang dibuat khusus dan memiliki kemampuan pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis dan penayangan data spasial. Ada pun merk perangkat lunak ini cukup beragam, misalnya Arc/Info, ArcView, ArcGIS, Map Info, TNT Mips (MacOS, Windows, Unix, Linux tersedia), GRASS, bahkan ada Knoppix GIS dan masih banyak lagi. Sebuah software SIG haruslah menyediakan fungsi dan tool yang mampu melakukan penyimpanan data, analisis, dan menampilkan informasi geografis. Dengan demikian elemen yang harus terdapat dalam komponen software SIG adalah:
    • Tools untuk melakukan input dan transformasi data geografis.
    • Sistem Manajemen Basis Data.
    • Tools yang mendukung query geografis, analisis, dan visualisasi.
    • Geographical User Interface (GUI) untuk memudahkan akses pada tool geografi.

  3. Data
    Hal yang merupakan komponen penting dalam SIG adalah data. Secara fundamental, SIG bekerja dengan 2 tipe model data geografis, yaitu model data vektor dan model data raster. Dalam model data vektor, informasi posisi point, line, dan polygon disimpan dalam bentuk koordinat x,y. Bentuk garis, seperti jalan dan sungai dideskripsikan sebagai kumpulan dari koordinatkoordinat point. Bentuk polygon, seperti daerah penjualan disimpan sebagai pengulangan koordinat yang tertutup. Data raster terdiri dari sekumpulan grid atau sel seperti peta hasil scanning maupun gambar atau image. Masing-masing grid memiliki nilai tertenti yang bergantung pada bagaimana image tersebut digambarkan.<

  4. Manusia
    Komponen manusia memegang peranan yang sangat menentukan, karena tanpa manusia maka sistem tersebut tidak dapat diaplikasikan dengan baik. Jadi manusia menjadi komponen yang mengendalikan suatu sistem sehingga menghasilkan suatu analisa yang dibutuhkan.

  5. Metode
    SIG yang baik memiliki keserasian antara rencana desain yang baik dan aturan dunia nyata, dimana metode, model dan implementasi akan berbeda untuk setiap permasalahan.



Referensi:
Modul SIG "Pengenalan Sistem Informasi Geografis" oleh Ida Wahyuni, S.Kom., M.Kom.



Demikianlah Artikel Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)?

Sekianlah artikel Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)? dengan alamat link http://maison15.blogspot.com/2017/04/belajar-sig-part-1-apa-yang-kita.html
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar SIG Part 1: Apa Yang Kita Butuhkan Sebelum Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)?

0 comments:

Post a Comment